25 Mahasiswa Unair PKL di Kampung KB

Sedikitnya 25 mahasiswa Universitas Airlangga akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Kampung KB yang berada di Desa Rambigundam, Kecamatan Rambipuji.

Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Abdul Muqit Arief, meminta para mahasiswa untuk lebih dulu memahami masyarakat.

“Sebab, mereka memiliki cara pandang dan cara berfikir sendiri,” kata wabup ketika menerima perwakilan mahasiswa Unair dan dosen pembimbing PKL.

Apabila mahasiswa merasa lebih pinter, kemudian tiba-tiba membuat program malah akan mendapat kendala komunikasi. “Tidak sambung dengan masyarakat. Nanti malah tidak produktif kegiatan yang dilaksanakan,” jelasnya.

Karena itu, mahasiswa diharapkan lebih banyak mendengar daripada berbicara. Harus lebih banyak menilai dulu daripada berbicara lebih dulu.

Terkait dengan misi yang perlu dijalankan di masyarakat, wabup meminta mahasiswa untuk menekankan pentingnya keluarga berencana, dampak negatif nikah muda, dan pentingnya menciptakan keluarga sejahtera.

Dengan melakukan sosialisasi tiga hal tersebut, mahasiswa telah membantu pemerintah dalam mewujudkan program yang terkait dengan keluarga sejahtera.

Dosen pendamping, Dr. Liestianingsih, menyatakan bahwa mahasiswa yang menjalani PKL itu berasal dari Program Studi Komunikasi S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

“Adik-adik ini dalam  rangka kegiatan kuliah lapangan untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat,” terangnya.

Dalam kegiatan PKL ini nantinya akan ada sosialisasi tentang gizi. “Jadi sasarannya ibu-ibu, bagaimana memberikan gizi yang baik untuk anaknya,” ungkapnya. (izza/*f2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *